Macam - Macam Ikan Hias Air Tawar dan Air Laut

Akhir-akhir ini ikan hias menjadi kegemaran yang sangat digandrungi oleh beberapa kalangan masyarakat, mulai dari golongan menengah hingga golongan atas, baik usia tua alias pun muda. Hampir dari mereka mempunyai ikan hias untuk dijadikan koleksi di rumahnya.

Ikan hias bukan hanya sebatas peliharaan saja, melainkan bisa menjadi penghias rumah dan meningkatkan nuansa alamiah di rumah. ikan hias ini bakal mempercantik dekorasi rumah. ikan hias biasanya di tempatkan pada aquarium alias dalam kolam khusus.

Pada postingan sekarang, maudisini bakal mengulasa dengan cara lengkap mengenai ikan hias ini, mari kami simak dengan baik.

Ikan hias ialah ikan yang mempunyai habitat di air tawar ataupun di air laut. Keindahan dunia bawah air menjadi salah satu argumen kenapa ikan hias ini menjadi salah satu fauna yang paling diburu oleh masyarakat sekarang.
Macam - Macam Ikan Hias Mulai Dari Air Tawar dan Air Laut
Tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan kocek sangat dalam demi memperoleh ikan hias ini. Berkah kemajuan teknologi sekarang, kami telah bisa dengan mudah menikmati keindahan dunia bawah air dengan adanya ikan hias ini.

Macam Ikan Hias Air Tawar dan Air Laut

Daya Tarik pada ikan hias ini ialah bentuk fisiknya yang unik, jadi benar-benar wajib diperhatikan dalam sisi warna, ukuran, keserasian dan keunikannya. Oleh sebab itu ikan hias ini menjadi salah satu hiburan bagi orang yang mempunyai rutinitas yang padat setiap harinya.

Adanya ikan hias dirumah diinginkan https://modelbajukeluargaterbaru.com/contoh-pakaian-seragam-keluarga-pesta-perkawinan-terbaru/ bisa menjadi kebahagiaan bagi sang pemilik ikan hias ini. Suatu  fakta menyatakan bahwa pasokan ikan hias air tawar yang ada di dunia ini berasal dari Indonesia, dan kurang lebih 363 tipe ikan hias air tawar dari Indonesia ini diekspor ke luar negeri.

Angka yang sangat fantastis bukan?

Ikan Hias Air Laut

ikan hias
klimbo.ru
Pernahkah terlintas dalam pikiran kami mengenai luasnya lautan, apa saja yang berada didalam lautan tersebut. Salah satu penghuni lautan ialah spesies ikan laut. Spesies ikan tersebut telah beradaptasi dengan kondisi yang ada pada lautan.

Apabila kami ingin merawat ikan hias air laut, maka syarat pertama yang wajib dipenuhi ialah mengisi aquarium alias kola mikan dengan air laut. Merawat ikan hias air laut terbukti sesuatu yang menyenangkan.

Tapi ada beberapa faktor yang wajib kami perhatikan dalam merawat ikan hias air laut ini. Merawat ikan hias air laut ini tidaklah mudah, memerlukan perawatan yang lebih apabila dibandingkan dengan merawat ikan hias air tawar.


Apabila sebelumnya belum sempat mencoba merawat ikan hias air laut, untuk awal-awal pemeliharaan maka sangat dianjurkan untuk merawat ikan air laut ini yang dikategorikan sebagai pemula. Ikan hias air laut ini sangat jauh tidak sama dengan ikan hias air tawar.

Apabila pada ikan hias air tawar ini kami http://tipsbajumuslimah.blogspot.com/2015/03/8-model-baju-kebaya-para-artis-modern.html biasa memakai air tawar dalam pengisian kolam alias aquarium, maka untuk ikan hias air laut ini kami membutuhkan air laut dalam mengisi kolam alias aquariumnya.

Ikan hias air laut ini bakal lebih cepat mati alias kesusahan beradaptasi apabila diisi dengan air tawar, tidak hanya itu ikan hias air laut juga memerlukan ukuran aquarium yang lebih besar ketimbang dengan ikan hias air tawar. Faktor lain yang wajib diperhatikan ialah mengganti air laut dengan cara berkala, usahakan tempat ikan ini bersih dan sehat.

Ikan hias air laut mempunyai varians yang lebih beragam , cantik dan luar biasa. Tidak sedikit sekali tipe ikan hias air laut bagi pemula untuk dipelihara. Tidak hanya itu ukuran ikan hias air laut lebih besar dan lebih agresif dibandingkan dengan ikan hias air tawar.

Ikan Hias Air Tawar

Ikan hias air tawar ialah ikan yang mempunyai habitat di air tawar. Pada saat pemeliharaannya bisa di aquarium alias di kolam, kembali lagi terhadap tujuan kami merawat ikan ini, apakah hanya sebatas dipelihara alias bakal dibudidayakan.

Apabila kami ingin merawat ikan ini sebagai sarana kebahagiaan alias hiburan maka peliharalah di aquarium, alias apabila kami ingin memperoleh laba maka peliharalah di kolam untuk dibudidayakan kembali.

Dalam memlihara ikan hias air tawar untuk kebutuhar hiasan maka kami leluasa mau merawat tipe apapun, tapi apabila ingin merawat untuk kebutuhan bisnis maka peliharalah yang sesuai dengan kebutuhan dan pemintaan pasar.

Masyarakat lebih menyukai merawat ikan hias air tawar sebab terbilang mudah dalam merawatnya apabila dibandingkan dengan ikan hias air laut. Kemudahan pun bukan dari faktor air saja, tetapi dari pakan hingga tutorial memperolehnya.

Indonesia telah mengekspor kurang lebih 363 tipe ikan ke seluruh dunia, bisa kami bayangkan tidak sedikit sekali tipe ikan air tawar ini. Berikut ini ialah jenis-jenis ikan air tawar yang paling terkenal dan paling tidak sedikit diminati oleh masyarakat.

Ikan Hias Arwana – Scleropages formosus


duniaq.com
Dari dulu hingga sekarang ikan arwana rutin terkenal di kalangan masyarakat. Bahkan bisa dibilang bahwa ikan http://modeltasdompetbrandedterbaru.blogspot.com/2016/02/daftar-harga-tas-wanita-sophie-martin-edisi-terbaru.html arwana ini tidak sempat sepi peminat. Ikan tergolong ke dalam salah satu spesies ikan air tawar dari kawasan Asia Tenggara.

Ikan arwana mempunyai badan yang lumayan panjang, sirip yang dubur yang berada jauh dibagian belakan tubuhnya. Ikan arwana juga disebuh dengan ikan naga sebab mempunyai mitos dari Tioghoa yang tidak jarang menghubungkan dengan naga.

Bentuk tubuh dari ikan arwana ini terbilang unik yaitu memanjang dan ramping menyerupai pisau. Sungut yang menjadi salah satu ciri khas dari ikan arwana ini mempunyai kegunaaan sebagai mendeteksi musuh.

Tetapi sangat disayangkan bahwa ikan arwana ini sekarang dinyatakan berstatus punah oleh IUCN pada tahun 2004 silam. Faktor yang menjadi masyarakat berlomba-lomba dalam memperoleh ikan arwana ini ialah keunikannya.

Dari sisi Feng Shui pun menyatakan bahwa ikan ini ialah pembawa keberuntungan, jadi satu ekor ikan ini bisa dibanderol hingga jutaan rupiah. Tapi meskipun dibanderol dengan sangat mahal, orang-orang tetap mencari ikan ini untuk dipelihara.

Ikan Cupang – Betta sp.

ikan hias
aquariumbg.com
Ikan cupang ialah salah satu ikan hias air tawar yang tidak sedikit tersedia didaerah tropis, tergolong Indonesia sendiri. Ikan ini salah satu tipe ikan yang sangat mudah dipelihara. Proses budidaya nya pun tidak membutuhkan tempat yang luas, bisa diperbuat sebagai bisnis rumahan.

Pada alam bebas, ikan ini biasanya nasib berkelompok dan mempunyai habitat di rawa-rawa, danau dan sungai.

Ikan ini mempunyai keistimewaan berupa daya tahannya yang sangat kuat semacam sanggup nasib di air yang mempunyai kandungan oksigen yang sangat minim. Faktor ini terjadi sebab ikan cupang mempunyai rongga labirin yang berkegunaaan untuk bersi kukuh pada kondisi lingkungan yang sedikit oksigen.

Ikan Luohan – Flowerhorn

ikan hias
fishbagikan.blogspot.co.id
Ikan louhan ialah ikan hias air tawar yang sangat digemari oleh para penggemar ikan di dunia. Faktor yang unik dari ikan ini ialah tersedia benjolan yang lumayan besar pada kepalanya, orang Indonesia biasa menyebutnya kepala nong-nong alias jenong.

Ikan louhan tergolong ke dalam ikan dengan spesies hybrid, http://grosirbatikterkini.blogspot.com/2015/10/model-baju-batik-kerja-guru-perempuan-modern-terbaru.html itu artinya pada proses perkembang biakannya membutuhkan bantuan manusia. Campur tangan manusia ini berkegunaaan untuk memperoleh benjolan pada kepala ikan.

Ikan louhan ini tersedia di beberapa negara Asia Tenggara semacam Malaysia. Ikan ini sempat menjadi primadona di Indonesia pada tahun 2000-an. Bisa dipastikan bahwa hampir setiap rumah pada saat itu merawat ikan louhan, bahkan para pembudidaya hingga kehabisan stock dampak melonjaknya permintaan louhan ini.

Ikan Koi – Cyprinus carpio L.

ikan hias
pbs.twimg.com
Ikan koi ialah ikan hias air tawar yang sangat digandrungi tidak sedikit orang bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia. Negara pertama yang mengembangkan ikan ini ialah negara Jepang.

Pada awalnya, ikan koi ialah hasil persilangan dari beberapa ikan mas. Tidak sedikit masyarakat yang menjadikan ikan ini untuk konsumsi sehari-hari, tetapi seiring berkembangnya waktu ikan ini nyatanya bisa dijadikan ikan hias yang sangat cantik.

Tersedia beberapa kan koi yang diklasifikasikan yaitu ikan koi Shiro, Gosanke, Utsurimono, Asagi, Tancho, Hikarimono, Goromo, Hikarimoyo, Matsuba, dan Kawarimono.

Ikan Gurame Padang – Osphronemus goramy

ikan hias
kaskus.co.id
Ikan gurame sangat identik dengan menu masakan yang sangat lezat, tetapi siapa sangka tersedia ikan gurame padang yang nyatanya ialah ikan hias. Pada saat tetap kecil, ikan gurame ini berwarna kuning kemerah-merahan, tahap badan hingga ekor yang lebar dan mulut yang lancip.

Ikan gurame padang mengalami perubahan yang sangat drastis ketika mereka tumbuh dewasa, perubahan tersebut tersedia pada warna tubuh yang menjadi warna kuning pucat dan bentuk kepala yang berubah juga.

Pakan untuk ikan gurame padang ini bisa apa aja mulia dari cacing beku, pellet udang dan sayur-sayuran. Pada saat dewasa ikan gurame padang bisa mencapai berat hingga 4kg dengan panjang tidak lebih lebih 50 cm.

Ikan Guppy – Poecilia reticulata

ikan hias
keywordhut.com
Ikan guppy ini pada awalnya ialah ikan liar. Tapi ikan ini mempunyai bentuk yang indah dan enak dipandang, maka dari http://bajubikini.blogspot.com/2016/02/model-kemeja-putih-wanita-lengan-panjang-terbaru.html itu masyarakat terus berusaha mengembangbiakkan ikan ini dengan tipe ikan lainnya supaya tidak ada lagi sifat liarnya.

Bentuk yang mungil, cantik dan lucu membikin orang sangat gemas menontonnya. Badannya mempunyai variasi warna warni dan sirip yang melambai-lambai ketika sedang berenang di aquarium.

Saat memikat lawan tipe pada musim kawin, ikan guppy mempunyai tutorial yang sangat unik dalam hebat pasangannya. Tidak heran apabila tidak sedikit penggemar ikan hias tidak jarang mencari ikan guppy sebagai peliharaan di rumah.

Ikan Black Ghost – Apterontus albifrons

ikan hias
tokoagri.com
Jangan salah paham dulu dengan nama dari ikan ini, meskipun dari namanya lumayan menyeramkan yakni “hantu hitam” tetapi ikan black ghost ini ialah ikan hias yang sangat cantic. Hampir seluruh warna tubuh pada ikan black ghost ini berwarna hitam kecuali dibagian ekor.

Tempat yang tepat untuk ikan ini ialah aquarium hias alias aquascape. Ikan black ghost berasal dari sungai Amazon. Ikan ini juga diberi julukan sang penari balet sebab mempunyai kelenturan maju dan mundur dan bisa jungkir balik semacam penari balet.

Apabila ingin menggabungkan ikan ini dalam satu aquarium maka bisa digabungkan dengan ikan koi alias Russianensis. Jangan sempat menggabungkan ikan ini dengan ikan yang bersifat predator dalam satu aquarium, semacam ikan Sumatra.

Ekor dari ikan black ghost bakal menjadi target ikan predator apabila digabungkan dengan ikan yang bersifat predator ini. Meskipun ekor dari ikan ini bakal tumbuh lagi, tapi ada baiknya tetap memisahkannya dari ikan predator.

Ikan Lemon – Neolamprologus leleupi

ikan hias
peoriazoo.org
Ikan lemon ialah ikan yang tidak jarang dijadikan hiasan di aquarium sebab kemolekan dan tubuhnya yang lucu. Disebut ikan lemon sebab mempunyai warna kulit yang berwarna kuning terang semacam kulit buah lemon. Geraknya pun sangat agresif jadi memanjakan mata https://www.rangkumanmakalah.com/pandangan-islam-tentang-gender/ bagi siapapun yang menontonnya.

Ikan lemon sangat rakus jadi bisa memakan segala tipe pakan yang ada. Maka dari itu jangan sempat menyatukan ikan lemon ini dengan ikan black ghost yang mempunyai pergerakan yang sangat lambat.

Untuk mengenal tipe kelamin dari ikan lemon ini benar-benar mudah. Dengan mata telanjang kami telah bisa membedakan mana yang berjenis kelamin jantan dan betina. Ikan lemon yang mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar maka telah hampir bisa dipastikan bahwa tipe kelaminnya ialah jantan.

Ikan jantan juga mempunyai sirip punggung dan sirip perut yang berwarna hitam, sedangkan pada ikan lemon betina mempunyai sirip perut dan sirip punggung berwarna kuning cerah.

Ikan Botia – Choromobotia macrachantus

ikan hias
lalaukan.blogspot.co.id
Ikan botia ialah ikan yang berasal dari daerah Kalimantan dan Sumatera. Tidak sedikit orang mulai dari Indonesia sendiri alias mancanegara menyukai ikan botia ini sebab mempunyai warna yang sangat cantik. Gabungan antara warna kuning, hitam dan merah menjadi keunikan tersendiri pada ikan ini.

Ikan ini mempunyai habitat di air yang mengalir semacam sungai-sungai, maka sangat disarankan ketika merawat ikan ini dalam aquarium maka lengkapi dengan selang untuk menghasilkan arus buatan. Ikan botio nasib berkelompok, maka dalam satu aquarium masukan setidak sedikit 5 hingga 6 ekor.

Ikan botia bakal bergerombol, saling bercengkerama satu sama lain dan menggesekan badan dengan siripnya, faktor ini menjadi hiburan tersendiri bagi para pemiliknya. Ikan ini juga tidak jarang tiduran tergeletak jadi tidak sedikit yang berpendapat sakit alias mati, prilaku tersebut ialah normal.

Sediakan juga tempat persembunyian semacam tanaman alias potongan kayu, dengan adanya tempat persembunyian ini maka ikan botia bakal betah dan tidak stress berada di dalam aquarium.

Ikan Rainbow

ikan hias
sahabataquarium..wordpress.com
Ikan rainbow terbilang sangat unik sebab mempunyai warna pada tubuh yang menyerupai pelangi, para penggila ikan hias terbukti mengakui keindahan dari ikan ini. Terus hari ikan rainbow terus terkenal jadi tidak sedikit sekali para penggemar ikan yang terus mencarinya. http://modelsepatusandalbaru.blogspot.com/2016/02/model-sepatu-skechers-original-dan-harga-terbaru.html Ikan hias air tawar ini berasal dari Papua.

Saat ini, tersedia tidak sedikit sekali ajang yang mencari ikan paling cantik dan indah dari ikan rainbow ini. Orang-orang berlomba-lomba untuk menyilangkan ikan rainbow demi memperoleh corak warna pelangi yang indah.

Bahkan saking terkenalnya ikan ini, sekarang menjadi budidaya ikan hias untuk tipe rainbow. Tercatat bahwa di Indonesia sendiri tersedia mencapai 53 tipe dari ikan rainbow ini.

Ikan Mickey Mouse – Xiphophorus maculatus

ikan hias
budidayaikanhiasairtawar.blogspot.co.id
Ikan Mickey Mouse ialah ikan tipe Platty yang sangat terkenal dan dicari oleh tidak sedikit orang. Diberi sebutan sebagai ikan Mickey Mouse sebab ikan ini mempunyai tidak sedikit warna jadi sangat mirip dengan salah satu tokoh kartun Walt Disney

Tidak sedikit sekali varians warna dari ikan Mickey Mouse semacam hitam, merah, putih, kuning dan keemasan. Warna-warna inilah yang menjadi daya tarik bagi orang yang kegemaran merawat ikan hias. Ikan ini biasanya di koleksi dalam jumlah yang lumayan tidak sedikit dalam satu aquarium sebab ukurannya yang kecil dan sangat hebat ketika mereka berenang bersama-sama

Ikan Mickey Mouse ini sangat tenang dan tidak agresif jadi aka sangat mudah apabila kami ingin merawatnya. Untuk mempercatik aquarium yang bakal diisi oleh ikan Mickey Mouse ini maka tambahkan beberapa tanaman air, karang, dan pasir supaya keindahannya bakal terus luar biasa.

Ikan Komet – Carassius auratus

ikan hias
fishandaqua.blogspot.co.id
Ikan Komet mempunyai tubuh yang sangat indah, tubuh yang ramping dan warna merah menyala dan putih perak semacam berlian yang menari-nari didalam aquarium. Pada saat berenang, https://hargaspesifikasiponselbaru.com/daftar-harga-laptop-dell-inspiron/ ekornya yang panjang bakal terus melambai-lambai jadi menjadi data tarik tersendiri untuk ikan komet ini.

Ikan komet masuk ke Indonesia itu kurang lebih tahun 1970, tetap tergolong ke dalam keluarga ikan mas yang berasal dari Jepang. Warna merah yang menyala dan putih yang mengkilap membikin ikan ini sangat mirip denga ikan koi, terbukti benar keduanya tetap kerabat.

Apabila ikan komet ini saling berpapasan ketika berenang, maka ikan ini berhenti dan seakan-akan mengucapkan salam pada saat berdekatan. Apabila ingin merawat ikan ini jangan takut kantong bolong, sebab ikan ini terbilang ikan hias yang sangat terjangkau.

Ikan ini mempunyai tidak sedikit opsi warna semacam merah, putih, kuning alias kombinasi keseluruhannya. Semua warna itu cantik-cantik tergantung selera pembeli.

Ikan Mas Koki – Carrasius auratus

ikan hias
satujam.com
Ikan mas koki ialah ikan yang paling terkenal di dunia ikan hias. Di Indonesia sendiri, setiap pencinta ikan pasti mempunyai ikan mas koki. Bentuknya yang unik membikin ikan mas koki sangat digemari oleh beberapa kalangan. Ikan ini biasa nasib di perairan yang dangkal dan mempunyai udara yang sejuk.

Ikan ini tidak sedikit disukai sebab mempunyai warna yang sangat beragam. Setiap varietas ikan mas koki mempunyai pola warna yang tidak sama-beda semacam yang berwarna cerah dan berwarna gelap. Para pembudidaya ikan tidak sedikit yang meperbuat eksperimen kawin silang untuk memperoleh ikan koki yang cantik dengan warna yang indah.

Macam Ikan Hias Air Tawar


Ikan mas koki mempunyai sifat yang tidak agresif dan lembut, jadi mereka tidak menyerang ikan lain alias ikan koki sendiri. Tetapi tersedia faktor kurang baik dari ikan koki ini, saat mereka benar-benar lapar, http://modelkebayamodernterbaru.blogspot.com/2015/08/model-baju-kebaya-modern-untuk-acara-resmi.html ikan koki tidak segan untuk memakan terlurnya sendiri sebab ikan ini tergolong ke dalam tipe pemakan segala alias omnivora.

Ikan Kumpai

ikan hias
canlipetshop.com
Ikan Kumpai ialah salah satu ikan dari varietas ikan mas. Ikan ini juga ialah salah satu tahap dari tipe ikan hias air tawar yang sangat mudah untuk dipelihara. Jadi untuk para pemula yang ingin merawat ikan hias, ikan kumpai bisa menjadi rekomendasi yang baik untuk dipelihara dalam aquarium.

Sirip yang panjang dan berumbai menjadi ciri yang unik dari ikan ini, saat sedang berenang sirip ikan kumpai bakal lebih terkesan indah. Tidak sedikit sekali varians warna dari ikan in seprti merah, putih, kuning dan hijau gelap.

Apabila kami ingin merawat ikan ini maka diperlukan kesabaran yang lumayan tinggi sebab ikan ini tergolong ke dalam tipe ikan yang pertumbuhannya lambar. Tidak hanya sebagai ikan hias, ikan kumpay juga bisa dikegunaaankan sebagai konsumsi makanan.

Ikan Silver Dollar

ikan hias
fishlore.ru
Ikan Silver Dollar ialah salah satu ikan hias yang tubuhnya menyerupai ikan piranha, tetapi pasti saja ukurannya lebih kecil. Bisa dikatakan ikan ini tergolong ke dalam salah satu tipe ikan yang mempunyai kualitas jual yang lumayan tinggi, jadi tidak semua masyarakat bisa merawatnya.

Ikan yang mempunyai habitat orisinil di Sungai Amazon ini terbilang tetap susah dalam penyediaan benih telurnya. Sangat mudah membedakan tipe kelamin ikan ini ketika mencapai usia dewasa. Untuk membedakan mana yang jantan dan betina bisa dilihat dari sirip analnya.

Jenis kelamin jantan mempunyai sirip anal yang berbentuk bundar dibagian depan, tetapi warnanya tidak lebih mencolok. Sedangkan untuk untuk tipe kelamin betina mempunyai sirip anal yang agak meruncing dan mempunyai warna jingga alias cerah.

Ikan Oscar – Astronotus ocellatus

ikan hias
ebayimg.com
Ikan Oscar mempunyai habitat orisinil di sungai Amazon, pada saat dewasa ikan ini bisa mencapai ukuran hingga 40cm, maka dari itu butuh ukuran aquarium yang lumayan besar. Usia ikan ini bisa mencapai 10 hingga 12 tahun, http://www.clevelandfinder.com/2017/05/macam-macam-jenis-jerawat-dan-cara-mengatasinya.html terbilang ikan hias yang mempunyai umur yang lumayan panjang.

Apabila kami ingin mememlihara ikan Oscar ini, jangan disatukan dengan ikan lainnya, sebab ikan ini mempunyai sifat agresif yang bisa menakuti ikan-ikan yang berada dalam satu aquarium. Bahkan yang lebih parah ialah ikan Oscar bisa memakan ikan lainnya apabila disimpan dalam satu aquarium.

Keunikan lain dari ikan Oscar ini ialah sanggup hebat perhatian sang pemilik dengan tutorial menggelengkan kepala alias ekornya, jadi terkesan sangat cantik dan menawan.

Ikan Niasa – Pseudtropheus auratus

ikan hias
aquarium-fish-home.ru
Ikan niasa ialah kerabat dari ikan nila, tetapi ikan niasa ini mempunyai tubuh yang elok dan warna-warni pada tubuhnya. Ikan ini berasal dari Danau Malawi, Afrika. Bagi para penggemar ikan pasti telah tidak asing dengan ikan yang cantik ini, tubuhnya mempunyai loreng kuning, biru dan putih yang menjadi keunikan dari ikan niasa.

Ikan niasa mempunyai 3 jenis, dan yang paling dikenal oleh masyarakat ialah ikan niasa dengan warna biru dan kuning. Ikan ini juga mempunyai kebiasaan yang unik yaitu mengerami telurnya didalam mulut. biasanya proses pengeraman dalam mulut ini berkisar selagi 4 minggu.

Sediakan pula dalam aquarium tempat persembunyian berupa karang-karang, batu, pasir alias tanaman laut untuk persembunyian ikan niasa ini. Ikan ini juga bersifat agresif jadi sangat tidak tepat apabila digabungkan dengan ikan lain dalam satu aquarium.

Ikan Congo Tetra – Phenacogrammus Interruptus

ikan hias
wikimedia.org
Ikan Congo Tetra alias lebih dikenal dengan nama Kongo Tetra ini berasal dari daerah Afrika, dan mempunyai habitat orisinil di Sungai Kongo. Para penggemar ikan bakal langsung jatuh cinta saat pertama kali menonton ikan ini. Warnanya yang sangat indah, hampir seluruh tubuhnya mempunyai warna yang menyala pada saat dewasa.

Dibagian sisik ikan congo tetra ini bakal berganti mulai dari biru, lalu merah, kuning keemasan dan biru yang berada dibagian atas perutnya. Ikan yang berjenis kelamin jantan mempunyai ukuran yang lebih besar ketimbang tipe kelamin betina. Ukurannya jantan bisa mencapai 8,5cm dan betina mencapai 6cm.

Ikan ini membutuhkan perawatan yang ekstra, jadi sangat tidak dianjurkan bagi pemula untuk merawat ikan ini. Aquascape menjadi tempat yang sangat pas apabila ingin merawat ikan ini dengan ditambahkan beberapa macam flora supaya terkesan semain keren.

Ikan Hiu Bala – Balantiocheilos melanopterus

ikan hias
angelescity.testitphilippines.com
Ikan Hiu Bala ialah spesies ikan hias orisinil dari Indonesia dan tidak sedikit tersedia di daerah Sumatra, Kalimantan dan Semenanjung Melayu. Ikan ini tidak jarang disebut dengan nama hiu tricolor, hiu perak alias ikan hiu kecil.

Meskipun mempunyai nama “hiu” tetapi sebetulnya ikan ini sangat tidak sama dengan ikan hiu, hanya mempunyai bentuk tubuh yang menyeruapi torpedo dan sirip besar, maka dari itu disebut juga dengan nama hiu.

Ikan ini sangat ramah, maka jangan khawatir apabila bakal menggabungkan ikan ini dengan ikan hias lainnya dalam satu aquarium. Ikan ini membutuhkan ruang yang besar dalam aquarium sebab memliki gerakan yang sangat gesit.

Ikan Wakin – Common Goldfish

ikan hias
joglongaran.com
Ikan wakin ini ialah tipe ikan mas koki pada biasanya, tetapi orang Jepang menyebutnya dengan nama Wakin. Disebut http://frutablendsurabaya.blogspot.com/2017/08/jual-frutablend-nganjuk.html dengan ikan wakin sebab mempunyai bentuk fisik yang belum berubah dan tetap alamiah tanpa adanya kawin silang dengan ikan mas koki lainnya.

Ikan wakin mempunyai tubuh yang agak bundar dan mempunyai panjang tidak lebih lebih 17cm hingga 20cm, ekor ikan wakin ini lebih panjang dan lebar. Menurut Dr. Matsui menyatakan bahwa ikan wakin ini ialah mutasi langsung dari karper krusian merah.

Saat tetap kecil, ikan wakin mempunyai campuran warna biru, hitam dan coklat. Panduan warna ini disebut juga dengan nama warna besi. Tetapi seiring berlangsungnya waktu maka warna tersebut bakal berubah menjadi oranye, putih, kuning dan blasteran antara oranye dan putih.

Sifat dari ikan wakin ini ialah sangat atraktik dan lincah, jadi sangat tidak lebih tepat apabila digabungkan dengat ikan yang mempunyai pergerakan yang lambar. Apabila digabungkan dengan ikan mas yang beregerak lambat, maka sirip dan mata mas koki yang bergerak lamban bakal rusak.

Ikan Discus – Balantiocheilos melanopterus

ikan hias
fokus.co.id
Ikan discus ialah ikan hias air tawar yang sangat tidak sedikit digemari oleh beberapa kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bentuk ikan ini sangat unik yaitu menyerupai piringan alias CD. Ikan discus ini mempunyai habitat orisinil di Amerika Serikat yaitu bertepat di Sungai Amazon.

Hingga saat ini, ikan discus mempunyai tidak sedikit warna dan corak yang melekat indah pada tubuhnya. Terlebih lagi tersedia garis-garis yang melengkung pada tubuh ikan ini meningkatkan ciri khas yang unik dari ikan discus ini. Garis-garis tersebut berada dari kepala hingga ekornya.

Inilah yang menhad argumen kenapa ikan ini sangat digemari oleh tidak sedikit orang. Untuk pakannya sendiri ikan discus lebih baik diberi pakan alamiah ketimbang diberi pakan buatan. Pakan ikan discus ini biasanya berupa cacing.

Ikan Redfin – Epalzeorhynchos frenatum

ikan hias
akuariumhias.blogspot.co.id
Ikan redfin ialah salah satu ikan hias air tawar yang sangat indah dan tidak sedikit sekali peminatnya. Salah satu keindahan dari kan redfin ini berada dibagian tubuhnya. Ikan ini sebetulnya berasal dari Vietnam, tetapi hingga sekarang telah tidak sedikit orang yang membudidayakan di Indonesia

Ikan ini dinamakan redfin sebab mempunyai sirip yang berwarna merah, dalam bahasa Inggris sendiri, redfin mempunyai pengertian sirip merah. Bentuk tubuh dari ikan redfin ini mempunyai bentuk semacam ikan hiu. Ikan ini tidak sedikit tersedia di wilayah Mekong, Chao Phraya, Maeklong dan Xe Bangfai.

Macam Ikan Hias Air Laut

Pada habitat aslinya, ikan redfin ini berada pada sungai yang berpasir, pada saat banjir maka ikan ini bakal bermigrasi ke tempat banjir, dan ketika surut bakal kembali ke habitat awalnya. Ikan redfin ini sangat tepat diberi lumut sebagai pakknay. Tetapi apabila susah untuk menemukan lumut maka bisa diganti dengan cacing merah.

Ikan Molly – Poecilia sphenops

ikan hias
iniikanhias.blogspot.co.id
Ikan molly ialah ikan hias air tawar yang mempunyai warna tubuh yang sangat luar biasa. Sifatnya yang tidak agresif membikin ikan ini bisa digabungkan dengan ikan apapun dalam satu aquarium. Apabila merawat ikan molly tidak butuh menyediakan aquarium yang besar, https://hwisurabaya.net/agen-produk-hwi-kabupaten/ lumayan dimasukan ke dalam aquarium sedang sebab ukuran maksimal ukuran ini hanya 12cm.

Sangat mudah apabila ingin membedakan ikan molly yang jantan dan betina. Ikan molly betina mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar dari tipe jantan. Ikan ini tergolong ke dalam fauna omnivora, jadi mudah juga dalam memberi pakan semacam pellet, cacing dan lainnya.

Hingga sekarang telah tidak sedikit ikan molly dengan beberapa warna dan ukuran. Ini ialah hasil persilangan dari mutase, contohnya ialah Molly Ballon yang mempunyai bentuk tubuh semacam bola yang sangat keren ketika telah berkapasitas besar.

Ikan Sapu-sapu

ikan hias
studyblue.com
Ikan sapu-sapu ini tidak hanya bisa sebagai ikan hias nyatanya mempunyai kegunaaan lain yang tidak kalah penting, ikan sapu-sapu bisa berkegunaaan sebagai pembersih aquarium. Tidak jarangkali di dalam aquarium tersedia lendi, kotoran alias lumut. Maka beberapa kotoran ini bakal dimakan oleh ikan sapu-sapu.

Ciri-ciri dari ikan sapu ini sangat mudah dilihat dengan kasat mata. Kulitnya yang keras dan mulutya berada dibawah. Letak mulut yang berada dibawah ini menjadi argumen kenapa ikan sapu-sapu ini disebut juga dengan nama ikan penyedot.

Selain sebagai ikan pembersih kotoran nyatanya ikan sapu ini juga sangat ramah dengan beberapa tipe ikan lains jadi bisa ditempatkan dalam satu aquarium dengan beberapa ikan. Ikan sapu-sapu bisa dijadikan bahan konsumsi semacam bahan dasar siomay, tetapi tidak lebih baik sebab mempunyai kandungan timbal yang lumayan tinggi.

Ikan Hias Termahal

Ikan hias tidak hanya dijadikan sebagai peliharaan dan koleksi, nyatanya bisa dijadikan sebagai bisnis yang sangat menggiurkan. Bayangkan saja keindahan ikan hias ini nyatanya bisa dibayar dengan harga 5 Milyar.

Keindahan ikan hias ini sanggup menjadi hiburan dan alternarif bagi para penggemarnya. Beberapa orang justru rela meperbuat perjalanan ke luar negeri demi memperoleh ikan hias yang menjadi buruannya. Bukan hanya perjalan jauh yang ditempuh, nyatanya mereka berani merogoh kocek sangat dalam demi menebus ikan hias supaya menjadi koleksinya.

Para kolektor ikan hias biasanya memburu ikan hias yang sangat langka dan mempunyai folosifi alias Feng Shui. Terus hari para penggemar ikan hias ini terus tidak sedikit, bisa dikatakan juga bahwa bisnis ikan hias ini menjadi pangsa pasar yang sangat tinggi.

Potensi bisnis ikan hias ini bisa sangat menguntungkan apabila digarap dengan benar. Beberapa ikan hias mempunyai kualitas hemat yang sangat tinggi. Harga satu ekornya bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran.

Apakah dengan harga semahal itu tidak sedikit orang yang mencari?

YA, tidak sedikit orang yang berlomba-lomba memburu ikan hias mesikipun dihargai selangit. Apabila telah jatuh hati pada ikan hias maka berarapun uang bakal digelontorkan demin memperolehnya. Berikut in ialah ikan hias termahal;

1. Ikan Arwana Platinum – Rp. 5.300.000.000,-

ikan hias
damaichong.blogspot.co.id
Ikan arwana terbukti menjadi primadona di kalangan ikan hias. Bayangkan saja, satu ekornya saja mencapai 5,3 Milyar, https://hwimojokerto.com dengan harga semahal ini maka ikan arwana dinobatkan sebagai ikan termahal di dunia. Ikan ini ditanami chip untuk membedakan dengan ikan arwana lainnya.

Ikan arwana platinum tersedia beberapa warna semacam kuning, merah, perak, merah dan hijau. Corak yang timbul pada ikan arwana platinum ini berasal dari hasil mutase genetic yang sanga langka.

Ikan arwana platinum ini tidak sedikit tersedia di Asia Tenggara, Afrika dan Amerika Selatan, dalam penangkarannya ikan arwana membutuhkan paling sedikit 300 galon dan diberi pakan berupa cacing. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 35 inci dan bisa bersi kukuh nasib hingga 50 tahun.

2. Ikan Pari Polka Dot – Rp. 1.300.000.000,-

ikan hias
blog.joins.com/
Ikan pari tergolong ke dalam salah satu tipe ikan hias air tawar. Ikan ini bisa ditemukan di Sungai Xingu, Brazil. Corak yang berwarna putih totol-totol inilah yang membikin ikan ini terus eksotis dan dibandrol tinggi.

Ikan pari polkadot ini mempunyai habitat berpasir dan tidak sedikit menghabiskan waktu di dasar perairan. Sesekali ikan pari ini mulcul ke permukaan untuk mencari makanan. Apabila ingin merawat ini maka gunakan aquarium yang lumayan besar dan pada dasarnya diberi pasir.



3. Ikan Peppermint Angelfish – Rp. 400.000.000,-

ikan hias
cdn.reefs.com
Ikan hias Peppermint Angelfish ini ialah salah satu ikan hias yang sangat langka. Awalnya ika ini ditemukan pada tahun 2012 oleh tim penelitian dari Smithsonia Institute. Ikan ini tinggal diperairan yang sangat dalam jadi membutuhkan peralatan khsusu untuk memperolehnya.

Corak garis putih pada warna tubuhnya yang didominasi oleh warna merah ini sangat indah apabila berenang-renang pada aquarium. Apabila kami ingin memperoleh ikan hias satu ini maka siapkanlah uang setidak sedikit 400juta. Mahal sekali bukan.

4. Ikan Neptune Grouper – Rp. 80.000.000,-

ikan hias
10cainhat.com
Ikan Neptune Grouper ini sangat susah ditemukan di pasaran sebab tergolong ke dalam golonggan ikan yang nasib di perairan dalam, tapi terkadang juga bisa di temukan di perairan yang dangkal. Lihat saja corak pada ikan ini, indah bukan.

Corak inilah yang menjadi kualitas tambah bagi ikan satu itu. Pada ikan Neptune Grouper mempunyai corak yang berwarna oranye dan kuning sedangkan pada saat dewasa coraknya berubah menjadi warna merah muda ditambah warna kuning cerah.

5. Ikan Candy Basslet – Rp. 13.500.000,-

ikan hias
cdn.reefs.com
Ikan Candy Basslet ialah salah satu tipe ikan hias yang nasib di laut. Dibanding tipe ikan lainnya, ikan ini mempunyai warna yang paling beragam dengan warna-warni yang sangat lucu dan menggemaskan.

Ikan ini hanya bisa ditemukan di Karibia, yaitu sepanjang pantai Curacao. Para pencari ikan wajib mencarinya hingga masuk ke sela-sela batu untuk memperoleh ikan Candy Basslet ini. Tapi bagi kami yang ingin mempunyai ikan ini patut berbahagia.

Pasalnya ikan ini telah mulai tersedia penangkarannya untuk memudahkan para kolektor ikan dalam memperolehnya, jadi tidak butuh jauh-jauh ke Karibia untuk membelinya.

0 Response to "Macam - Macam Ikan Hias Air Tawar dan Air Laut"

Posting Komentar